Demi matahari dan sinarnya di pagi hari. Demi bulan apabila ia mengiringi. Demi siang apabila ia menampakkan diri. Demi malam apabila ia menutupi. Demi langit serta binaannya. Demi bumi serta penghamparannya. Demi jiwa dengan segala penyempurnaan (ciptaan)-Nya. Allah mengilhami sukma, keburukan dan kebaikan. Beruntunglah siapa yang membersihkannya, rugilah siapa yang mengotorinya.” QS:As-Syams:1-10

Friday, 17 November 2017

Waspadai Penyebab Epistaksis atau Mimisan Berulang


Ternyata feeling seorang ibu itu kuat.Semalam terbangun karena mimpi buruk dan dalam mimpi itu si kecil masih bayi,masih dalam gendongan.Mulai deh  perasaan ngga karuan, jadi selesai tahajud ngga langsung ngelakuin aktivitas yang lain tapi terpekur zikir dan banyak berdoa  di atas sajadah hingga sampai selesai sholad subuh.
Baru saja selesai lipat mukena si kecil lari ke kamar mandi sambil teriak ,"tisu ma..tisu..."

Seperti biasanya sejak kecil ia sering mimisan dan kami tidak terlalu khawatir dan si kecilpun sudah terbiasa mengatasi tetesan darahnya.Tapi ternyata pagi ini beda karena pendarahan ngga berhenti hampir 2 jam dan baru berhenti ketika di suntikan obat penghenti pendarahan di IGD.
Dari ruang IGD di putuskan oleh dokternya untuk di rawat inap karena pendarahannya masih cukup aktif walau darahnya tidak sebanyak seperti awal tadi.
Sebenarnya sore sebelumnya si kecil memang mengalami mimisan yang lumayan banyak darahnya.Dan darah yang keluar kental bercampur dengan lendir merah pekat.

Kenapa awalnya saya tidak khawatir karena si kecil sering mengalami mimisan.Biasanya mimisan ini terjadi sehabis memakan makanan atau minuman yang berpengawet.Setelah mimisan biasanya di ikuti dengan demam sehari atau hingga tiga hari.Bahkan pernah di rawat inap karena dalam sebulan mengalami mimisan dan demam 4 hari dalam seminggu
Setelah di lakukan pemeriksaan oleh dokternya tidak di temukan diagnosa tentang penyebab alasan mengapa mengalami mimisan berulang.

Kami hanya mendapat jawaban bahwa ada kemungkinan pembuluh darah di hidung si kecil sedikit sensitip dan mudah pecah.Dan dengan seiring usia bertambah akan menghilang mimisannya.
Kamipun lega mendengarnya tapi sejalan dengan bertambahnya usia kebiasaan mimisan ini tak hilang dan malah darah yang keluar lebih banyak.Tapi kami cukup tenang dan beranggapan bisa jadi lokasi mimisannya masih di depan bagian hidung atau istilahnya epistaksis anterior walau terkadang agak ragu karena si kecil bilang kalau tenggorokannya terasa ada darahnya,artinya tertelan hingga ke dalam yang artinya ada kemungkinan jenis  epistaksis posterior di mana pendarahan berasal dari pembuluh darah yang terletak di bagian belakang hidung (di antara langit-langit mulut dan rongga hidung). Tapi karena diagnosa dokter masih sebatas radang tenggorokan jadi ngga kepikir ke arah yang cenderung lebih serius.




Dulu ketika ngobrol santai dengan dokter giginya tentang mimisan dan korelasinya dengan kesehatan gigi serta bau mulut dan hidung yang terkadang sering di alami si kecil dokternya mensarankan untuk konsul ke spesialis THT saja.Karena kebetulan gigi si kecil tak bermasalah,tak ada yang karies dan berlubang dan semua gigi susu sudah berganti gigi permanen yang sehat.
Karena pengalaman pengalaman sebelumnya dan juga hasil pemeriksaan tes darah yang berulang yang menunjukan nilai normal,tidak ada masalah yang menyangkut kelainan pada darahnya,kami minta second opinion ke dokter THT.Dokter kedua setelah dokter anak.



Sore itu dokter THT menjenguk ke ruang perawatan,dokter menanyakan sejak kapan mimisan?adakah peristiwa benturan pada hidung sebelumnya?berapa lama dan seberapa banyak kira kira darah yang keluar?
Dari jawaban yang saya berikan dokternya langsung bilang kalau ini memerlukana pemeriksaan lanjutan seperti CTscan dan  nasocopy untuk melihat dan meneropong area hidung hingga ke dalam.

Kenapa harus ada tindakan seperti di atas?

Dokter bilang karena dari jawaban atas kejadian yang di alami si kecil di curigai ada sesuatu yang abnormal dari mimisan yang berulang ini.
Mimisan ini sudah berlangsung lama,berulang dan yang terakhir pagi ini di mana pendarahan cukup banyak dan lama berhentinya,selain itu dokter juga ingin memastikan sumber pendarahan itu sendiri dari depan sekat hidung atau di belakang hidung.

Mimisan dalam dunia kedokteran di kenal dengan istilah Epistaksis.
Epistaksis adalah perdarahan dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab lokal atau sebab umum (kelainan sistemik). Epistaksis bukan suatu penyakit, melainkan gejala suatu kelainan.
Hampir 90% mimisan yang terjadi pada anak-anak berasal dari area kecil di bagian depan hidung, sering juga penyebabnya tidak diketahui (Idiopatik) atau akibat trauma (terbentur atau dikorek), namun idiopatik mimisan lah yang paling sering terjadi.
 Penyebab yang paling umum mimisan ini berasal dari sekat hidung bagian depan, termasuk akibat trauma, benda asing, udara yang kering dan peradangan atau infeksi (seperti infeksi saluran nafas atas, sinusitis dan rhinitis alergi).




Jika mimisan banyak mengeluarkan darah dan sering terjadi, maka ini adalah gejala gejala yang harus di waspadai karena ada kemungkinan penyakit-penyakit penyerta lainnya yang mungkin menjadi penyebab mimisan terjadi seperti adanya kelainan darah, kanker dan mungkin juga polip.
Dan semoga hasil pemeriksaan lanjutan nanti tak mengkhawatirkan.Cukuplah ketegangan dan kekhwatiran selama 3 hari menemani si kecil di rawat  dan di ambil darahnya berulang itu berakhir baik baik saja walau agak giman gitu,,maklum namanya juga orangtua yang tak pernah tega melihat anaknya sakit.

***
the next,cerita rawat jalan dengan kelelehan dan kecemasan pada hasil awal pemeriksaan pemeriksaan lanjutan






















Tuesday, 12 September 2017

Tahukah Kamu Apa Penyebab Terjadinya Stunting




 Permasalahan yang sering di hadapi oleh negara berkembang adalah masalah kesehatan salah satunya adalah masalah Stunting .
Stunting adalah istilah untuk gagal tumbuh atau tinggi tubuh di bawah standar  pada anak hingga remaja yang di akibatkan oleh asupan gizi yang buruk.
Gagal tumbuh ini sebenarnya di akibatkan oleh banyak faktor,tetapi yang paling berperan di sini adalah akibat dari efek samping gizi buruk sejak di 1000 hari pertama kehidupan / 1000 HPK anak itu sendiri.
Selain itu stunting ini juga  menimbulkan dampak jangka pendek dan jangka panjang. Dampak jangka pendek yaitu pada masa kanak-kanak, yakni perkembangan menjadi terhambat, penurunan fungsi kognitif, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan gangguan sistem pembakaran.
Pada jangka panjang yaitu pada masa dewasa, yakni timbulnya risiko penyakit degeneratif, seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, dan obesitas.Jadi yang harus di ketahui di sini bahwasannya Stunting bukanlah suatu kelainan genetik atau kelainan fisik tapi murni dari kesalahan dalam pengolahan masalah asupan gizi.

Di lihat dari periodenya maka ada dua periode masa pencetus terjadinya stunting yaitu:

1.Periode 9 bulan sebelum kelahiran

Masalah gizi buruk pada ibu hamil menjadi point penting di sini.Karena di setiap trisemester masa kehamilanlah masa tumbuh kembangnya organ organ penting pada anak.
Problem ini biasanya di karena kesalahan dalam menterjemahkan konsep asupan dan takaran standar makanan bergizi dan juga gaya hidup yang salah di masyarakat.
 1000 hari pertama kehidupan atau yang biasa di sebut golden age pertama sangat berperan penting dalam usaha usaha menurunkan prevalensi stunting atau gagal tumbuh.
1000 hari ini di mulai dari masa 9 bulan kehamilan  di lanjutkan 2 tahun masa balita.
Kesadaran orang tua akan betapa pentingnya periode emas inilah yang akan mengkoreksi kemungkinan stunting terjadi.
Bahkan makanan  sehat yang bergizi serta memperhatikan pola hidup yang berkualitas amat sangat di terapkan sejak perencanaan kehamilan.Jadi pencegahannya di lakukan lebih awal.
Hasil data yang di peroleh menunjukan bahwa kekurangan zat zat penting dalam masa kehamilan masih sangat tinggi.Terutama kekurangan zat besi yang akan berakibat buruk bagi ibu hamil dan juga bayi yang di kandung.
Seperti yang di ketahui bahwa defisiensi zat besi pada ibu hamil akan mengakibatkan resiko berat pada masa kehamilan hingga melahirkan.Anemia yang di derita akan berdampak juga pada berat badan lahir bayi yang rendah dan resiko pendarahan pada sang ibu.
Untuk negara kita sebenarnya pemerintah telah menjalankan program pembagian zat besi gratis bagi ibu hamil.Tapi walaupun begitu sebenarnya bukan dengan minum kapsul zat besi jadi solusi yang sebenarnya karena kekurangan vitamin atau zat penting yang di perlukan tubuh itu bermula dari pola makan yang benar sesuai kaidah gizi yang ada.
Makanan bergizi sebenarnya bisa di dapat dari keanekaragaman makanan yang mudah di dapatkan di sekitar kita.Contoh makanan yang biasa mudah di dapatkan adalah sayuran,tahu,tempe.Karena makanan tersebut kaya akan kandungan zat besi dan vitamin yang lain.Tak terlalu sulit dan tak harus mahal untuk mendapatkan hidup sehat sebenarnya.

2.Perode 2 tahun setelah kelahiran


 Pemenuhan gizi pada anakpun masih berlanjut sangat significan minimal di 2 tahun pertama usia anak hingga usia 5 tahun untuk lengkapnya.
Hal ini bisa di mulai dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan dan di lanjutkan hingga 2 tahun berdampingan dengan makanan pendamping ASI yang sehat dan sesuai usia anak.
Pemberian ASI juga bukan program tiba tiba tapi seharusnya sudah terencana sejak awal kehamilan.
Maka lagi lagi makanan sehat dan bergizi menjadi andalan bagi ibu ibu pejuang ASI.Dan peranan orang di sekitar ibu hamil dan menyusui amat sangat penting dalam kesuksesan pemberian ASI ekslusif yang manfaatnya sangat banyak bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak kelak.
Kebiasaan sarapan setelah anak mengenal makanan padat sangat di perlukan untuk menunjang kelanjutan kebutuhan gizi pada balita.
Kembali ke makanan dan pola hidup sehat yang bermula dari rumah sangat di anjurkan.Agar terjadinya stunting yang di khawatirkan pada anak anak bisa di atasi sejak dini.


Jadi yang harus di garis bawahi di sini adalah bahwa gizi buruk pada wanita hamil ternyata bukan tergantung dari  kemapanan finansial seperti yang di pikirkan pada umumnya selama ini.Tapi lebih pada pola hidup sehat yang di terapkan dalam keseharian. Begitupun untuk pemenuhan gizi pada anak anak usia balita.Penerapan penerapan kebiasaan yang baik dan sehat dapat mencegah stunting pada generasi yang akan datang.Generasi yang bebas stunting itu adalah modal besar dalam membangun peradaban yang lebih baik ke depan.Dan harapan Indonesia bebas stunting sangat relevan bila semua pihak terkait berkeingan kuat dan bekerjasama untuk mewujudnya.


Dan pencerahan tentang stunting ini harus ada edukasi   dan  di sosialisasikan ke khalayak ramai,agar ada pencerahan yang lebih baik.
 Bila penyebab dari kasus stunting telah di ketahui lebih dini maka usaha penurunan prevalensi stunting yang sedang gencar gencarnya di canangkan pemerintah melalui penyuluhan pihak Depkes dan Depkoinfo akan terlaksana lebih mudah.

Untuk itu di perlukan peran penggiat media untuk mau mensosialisakan tentang kaitan stunting dan gizi buruk di setiap kesempatan.
Hal ini penting agar kesimpang siuran dan kesalahan persepsi yang banyak beredar dapat di luruskan.
Pada kesempatan Flash Blogging yang di adakan di Novotel Lampung pada 12 September 2017 para blogger yang berdomisili di kota Lampung dan tergabung dalam komunitas Tapis blogger mendapat kesempatan langka karena mendapat pencerahan langsung dari sumber sumber yang berkompeten di bidangnya.
Acara ini di selenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Lampung dan Kemkominfo .
Dan pada acara ini para bloggerpun mendapat cipratan ilmu blogging yang cukup deras dari founder komunitas Kumpulan Emak Emak Blogger,Mira Sahid.







Saturday, 26 August 2017

Pertamakali Mengajak Anak Bersepeda Jauh

Sejak kecil anak anak sudah kami biasakan untuk tetap merasa bahagia dengan apa adanya bukan bahagia dengan ada apanya yang di miliki.Semua ini kami lakukan karena kami sadar bahwa kami tak kan mungkin mendampingi mereka selamanya dalam hidup ini.Mereka harus membiasakan hal hal yang akan punya dampak baik di kemudian hari.
Karena hidup terkadang tak selalu sesuai dengan yang kita harafkan.Akan ada masa dan keadaan di mana tidak menyamankan.Karena hidup tak selalu semulus chiz cake.

Mereka kami ajak menikmati hidup dengan rasa syukur bukan dengan menggerutu dengan banyak keluhan.

throwback 2004
Cara mengajarkan dan mengenalkannya yang kami terapkanpun tak begitu terlihat langsung,kami memasukannya pelan pelan dalam setiap harinya.Salah satunya dengan kegiatan bersepeda bersama anak anak. 

Dengan bersepeda kami mengajak mereka berkeliling mengenal sejengkal demi sejengkal dunia di luar tempat tinggalnya.Hal ini kami lakukan dari mulai mereka masih di bonceng hingga mereka bisa membawa sepedanya sendiri.
Ini adalah cerita kenangan pertamakali mengajak anak anak menempuh jarak terjauh sekitar 7km lebih bersepeda dengan anak dengan kondisi jalan yang berbagai macam.
Agar mereka tidak cepat merasa lelah kami sengaja sering berhenti sesaat di tempat tempat menarik dan menceritakan detail apa yang mereka lihat.

Seperti ketika kami berhenti sesaat di bawah stasiun kereta gantung atau monorel yang merupakan ciri khas dari moda transportasi kota Chiba yang membentang sepanjang 12 kilo meter melintas di atas kota Chiba.Kalau biasanya mereka naik monorel mereka melihat jalan jalan yang kami susuri saat itu,nah saat ini mereka merasakan langsung menyusuri jalan yang biasanya terlihat dari jendela monorel.

Sepanjang jalan mereka melihat banyak parkir sepeda yang berjejer rapi di samping gedung gedung.Karena sepeda adalah kendaraan praktis dan ramah lingkungan dan sangat di anjurkan di gunakan sebagai salah satu pilihan moda transportasi pribadi yang menyehatkan dan tentu saja murah.
Tak ada hal yang merendahkan seseorang mengendarai sepeda di kegiatan sehari harinya.Karena level kemulian hidup seseorang bukan di lihat mahal tidaknya kendaraan yang di kendarai tetapi lebih pada kemuliaan akhlak orang itu sendiri.

 Ketika melewati stasiun kereta kami menawarkan mereka pilihan apakah ingin lanjut naik sepeda atau naik kereta.Karena kita bisa memarkir sepeda di parkiran sepeda yang telah di sediakan di setiap stasiun kereta.Tetapi anak anak tetap memilih naik sepeda,mungkin kegiatan ini sudah menari bagi mereka.
Ketika mereka lelah kami akan mengajak mereka berhenti sejenak di supermarket untuk membeli minuman atau makanan yang mereka inginkan dengan syarat kami harus membaca kandungan yang tertera di kemasan terlebih dahulu.Karena dengan membiasakan diri membaca igrident atau kandungan di kemasan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi,kita akan lebih tahu asal dan bahan yang di gunakan.Baik belum tentu halal bukan?maka yang terbaik tentu dulukan yang halal dan thoyib dalam makanan dan minuman.


 Karena musim panas kami juga tetap waspada walaupun masih pagi tetapi sinar matahari yang terang dengan suhu yang lumayan panas bisa berdampak dehidrasi untuk tubuh.Maka ketika melewati halte bus,lagi lagi kami menawarkan anak anak untuk mengganti alat transportasi.Tetapi anak anak tetap ingin bersepeda.



 Bermain sejenak di taman taman yang memang bertebaran di setiap lingkungan perumahan yang kami jumpai juga menjadi cara untuk berlepas lelah setelah menempuh jarak jalan yang lumayan jauh untuk pertama kalinya di usia mereka.


Inilah perjalanan pertamakali yang terjauh di tempuh bersama anak anak dalam rangka membiasakan dan mengenalkan banyak hal kepada mereka sejak dini tampa keterpaksaan.
Belajar adalah suatu proses yang menyenangkan dan membahagiakan bagi anak anak.Hal ini agar mereka bisa menikmati setiap proses belajarnya dengan benar tentang hidup ini.


Kami berharaf kelak ketika anak anak bertambah besar mereka telah terbiasa melihat keterbatasan juga perbedaan dalam hidup ini.Semua keterbatasan juga perbedaan yang ada di dunia jangan menjadi penghalang suatu kebahagiaan dalam hidup.Kita bisa berbahagia dalam keadaan di posisi dan kondisi  manapun berada.

Itulah alasan mengapa ketika mereka sekarang ketika mereka bertambah besar tidak pernah berkecil hati setelah mereka besar,mereka harus naik angkutan umum atau berjalan kaki dari sekolah atau kampus ke rumah atau kos yang jaraknya 3km hingga 5 km,berkebalikan jauh dengan teman temannya yang mempunyai segala yang di inginkan.

eh,sebenarnya sih ini taktik agar emak bapaknya jangan di protes anak karena kere,cara ngeles cantik dari ketidakmampuan di bidang financial aja wkwkwk...😅😅😂😂🤣🤣
🤣

Wednesday, 16 August 2017

Cara Mudah Membeli Sepatu Olahraga Online

Di musim ajaran baru anak anak masuk sekolah hal yang sering di hadapi orangtua adalah membeli keperluan anaknya.
Walaupun tidak semua dari perlengkapan sekolah harus di beli tapi pasti ada item barang yang di perlukan untuk anaknya.
Tetapi terkadang keterbatasan waktu yang ada membuat kita sebagai orang tua harus bisa mensiasatinya.Karena sekarang jamannya menjamurnya toko toko online jadi hal hal yang terkadang bisa bikin senewen bisa di atasi dengan mudah.
Contohnya ketika anak memerlukan sepatu olahraga untuk kegiatan ekskul di sekolahnya tetapi terbentur dengan tidak singkronnya waktu antara jadwal orang tua dan anak yang mengakibatkan agak sulitnya membeli keperluan ke toko sepatu yang di perlukan anak.

Beruntungnya dengan adanya toko toko online, orangtua tinggal browsing toko sepatu olahraga mana yang bisa di percaya dan tepat untuk bertransaksi.
Setelah browsing akhirnya jatuhlah pilihan ke JD.ID 
Sebuah toko online yang menjual bermacam jenis barang yang salah satunya sepatu olahraga berbagai merek ternama dengan harga diskon yang lumayan
Proses pembayarannyapun mudah karena bekerjasama dengan beberapa bank terkemuka.Dan keuntungan yang lain biasanya ada promo diskon atau cicilan dengan bunga 0 %  dari bank tertentu.
Selain  keamanannya terjamin,responnya cepat,pengirimannya terjamin dan hal yang terpenting di dalam bertransaksi di toko online adalah adanya jaminan  keaslian barang.
Pokoknya make joy happen dalam berbelanja di toko JD.ID 
Akhirnya masalah membelikan sepatu anak terselesaikan juga tanpa bingung menyamai waktu dengan jadwal anak.Dan anaknya bisa langsung memilih mana yang sepatu yang di perlukan untuk kebutuhannya yang mana yang ia suka.Puas dan lega rasanya. 





Sunday, 13 November 2016

Gimbal atau Alergi?



Pertama potong rambut si kecil tepat di usia 10 hari sehabis pulang dari RS.Sejak itu saya tak pernah potong rambutnya.
Tipe rambutnya selalu berubah tergantung musim.bila musim gugur,musim dingin hingga semi rambutnya lurus seperti habis di smoothly tapi bila musim panas tiba maka modelnya ngikal ngeruntel habis hihihi....
Sepulang ke tanah air setiap di potong rambutnya maka malamnya ia demam.
Percaya ngga percaya itu terjadi terus.Ini yang menyebabkan males banget motong rambutnya,mayan kan' ngehemat biaya ke salon  etdahh alasan emak pelit :P 
Ketika ia mulai sekolah TK mungkin ngga masalah dengan rambut gondrongnya,paling paling emaknya nyengir malu maluin kalo di tegur gurunya wkwkwk...
Nah,lain cerita ketika mulai masuk SD,ngga nahan dah kalo musti nemenin ia demam gara gara habis ngebelain penampilan rapi jali nyukur rambutnya.Maka di siasati 3 atau 4 sekali aja nunggu di tegur berkali kali sama gurunya   :P *emak'e musti di jewer nih,bandel, mentang mentang penggemar style cadas metal maka anaknya icik gawir gitu rambutnya hihihi.



Masak kata orang orang hasil browsing anak yang demam panas bila rambutnya di potong musti di ruwat segala karena termasuk dalam kategori gimbal dalam istilah trendinya,ngibarin bendera putih deh kalo musti gitu...halaahhh
Sumpah ..emak'e ngga percaya ama istilah rambut gimbal,makanya emak'e sengaja ngelupain demam kalo potong rambut.
Tapi apa mo di kata itu yang terjadi lagi..dan lagi.. hiks..
Dan seperti tekad bulat yang di ikrarkan seluruh anggota keluarga bahwa gimbal musti di ruwat itu semua hanya mitos and must m forget it....

Minggu siang sang anak dan bapak'e tak selundupin ke barbershop(biar keren dikit :P ) selagi emak'e sibuk belanja.
Selepas itu mereka terlihat hepiii banget mungkin karena pake di mesage gitu katanya,ish..ish...
Malamnya si kecil mulai ngeluh pusing dan badannya hangat,nah emaknya ada alasan dong nyita pathfone dan berubah killer agar ia masuk kamar lebih awal,bobok.oyasumi nasai..
Besoknya dapet telp dari sekolah kalau anaknya demam dan muntah muntah,wah...secepat kilat emaknya terbang menjemput anaknya.
Sebagai emak yang penuh welas asih tak belailah kepalanya,dan.....hah??eh barusan potong rambut ya???jiahhh nyambung lagi dah,halahh cemana pula ini cikgu???
Tengah malam si kecil terbangun dan mengatakan ia tak bisa bernafas,gubrakkk...emak'e kalang kabut.Segala daya upaya di lakukan.mengambil handuk yang telah di guyur air panas,membuka pintu depan rumah di jam 2 malam,sambil celingukan kanan kiri takut ada yang lagi main ayunan di atas pohon pake baju putih hiyy... horor 
Dan baru bisa bernafas lega ketika si kecil bisa tertidur lagi walau demam masih aja sksd,ih sebel...
Entahlah tiba tiba kepikiran kepingin ngintipin lubang hidungnya aja.pas di senterin baru ngeh.....ternyata 2 polipnya membesar memerah menutupi hingga ia tak bernafas.Oh ternyata ini penyebabnya,hmmm..

Bolak balik ke dokter nanyain penyebab demam yang berulang dan mimisan yang berulang bila ia makan sesuatu yang mengandung msg atau pemanis buatan tapi hasilnya belum meyakinkan.sekarang baru mikir jangan jangan nih anak alergi
Tengah malem buta browsing tentang polip dan ternyata jarang di temui pada anak atau dibawah 20 thn.artinya si kecil bukan polip tapi polip bisa membesar meradang karena ada pencetusnya saja.
Hmm jadi flashback,dulu emak'e polip juga.Sejak smp ntah kenapa kalo habis minum teh,es campur,atau bauin debu tanah tersiram air rasanya itu cetarrr banget yaitu hidung berasa perih seperti habis kelelep di kali (*emak'e kan anak kampung :P )
I see...I see...(belagak bule dikit ah :P )
Buah jatuh ngga jauh dari pohon,yen rambut ikal yo emak karo bapak'e yo ikal tapi yen pancen gimbal yo ra ngonolah.masak emak'e dudu gimbal mosok anek'e gimbal,yo ra iso lah.iki musti alergi..musti iku...ruwatan no..no..(maaf bisa di lihat ada di google translete versi jawa ya ;) )
Esoknya terbukti setelah minum obat alergi dan radang maka polipnya menghilang tampa jejak,
Alhamdulilah.....akhirnya emak bisa ngedate ama si leppi lagi,ahaayyy...


Thursday, 31 March 2016

3 Buah Murmer untuk Facial



Karena untuk menjaga wajah agar tetap kinclong itu butuh perawatan dan tentunya pembiayaan yang tersendiri makanya terkadang kegiatan facial yang sebenarnya bisa di bilang wajib bagi kaum hawa itu sering terabaikan.
Nah,semua itu sebenarnya bisa di siasati loh cyinnn...apalagi untuk emak emak macam saya ada banyak faktor yang membuat tidak memaksakan diri untuk melakukan facial ke salon.Maklum sibuk,eaaaa....
Facial ala emak emak rempong ini bisa di lakukan di kala santai dan tidak harus serius hingga harus mengalokasikan dana segala loh,maklum ini tips termasuk sekali dayung 3 pulau terlampaui hihihihi....
Dan yang terpenting bahan bahannya murah meriah,kagak pakai bikin dompet tipis segala.
Buah adalah bahan facial yang menyegarkan dan hampir tak ada efeknya,jadi aman.Buah apakah itu,simak  baik baik ya...

1.Jeruk
Tak selamanya ketika anda membeli jeruk rasanya manis,ada kalanya berasa asam.tak perlu kesal tapi kupaslah jeruk asam itu,ambil gunting untuk membelah bagiannya.usapkanlah dengan lembut ke wajah diamkan 10 hingga 15 menit.lalu boleh sambil update status kayak gini atau sambil baca baca biar rileks.setelah itu basuh dengan air hangat tapi yangg perlu di ingat jangan sekali kali pakai air yang baru mendidih untuk membasuhnya,ini serius harus diperhatikan.
Lalu berdirilah depan cermin dengan pencahayaan matahari langsung agar pori pori di wajah dapat terlihat dengan jelas,pencet lembut hidung anda dengan kedua jari telunjuk,tidak di sarankan memakai kelingking apalagi pakai ibu jari karena komedo akan sulit di pencet selain itu anak atau bapak jari bakal ngambek karena tidak diperhatikan.
Setelah rasa puas anda terpenuhi mengeluarkan komedo dari area wajah,bersihkan wajah lalu tempelkan es batu tapi sekali lagi jangan di tambahin sirup atau cendol karena wajah anda bukan gelas atau mangkuk es,ingat itu...
noted:Ndak usah kesal terhadap jeruk yang asam karena boleh jadi itu momen tepat merawat wajah anda 

2.Pepaya
Biasanya kita sering membuang bongol alias ujung buah pepaya ketika mengupasnya.Padahal itu bisa di gunakan untuk membuat wajah kita selembut sutra dan berkerlip kerlip seperti bintang kejora loh..
Koq bisa ? ya bisa dong
Sudah tahu kan kandungan Papain pada buah Pepaya itu bisa melembutkan dan mencerahkan kulit.Nah,papain ini ada di antara daging buah dan kulit pepaya yang baru kita kupas.
Jadi gunakan kesempatan ketika papain yang ada pada kulit pepaya bagian dalam untuk bahan facial.
Oya pepaya yang matang ya,jangan yang mentah.Kalo mentah nanti tidak bisa di jamin manis seandainya air tetesan pepayanya jatuh di bibir hahahaha
Bayangkan saja kemanisan pepaya yang mengalir ke bibibir ketika kita membiarkan remahan pepaya yang menutupi wajah selama 15 menit di wajah itu semanis wajah anda setelah semua ini di bersihkan dengan air hangat
noted:mengupas kulitnya agak tebelan dikit ya cyin biar mudah di buat setrikaan pada wajah kita,udah gitu daging pepayanya jangan lupa di makan ya,hati hati jangan sampai tertukar xixixixi... 

3.Tomat
Maaf sebelumnya karena mungkin perselisihan di antara kita tentang tomat ini.Tapi percayalah apapun itu kesimpulan terakhirnya ada di tangan masing masing.Perselisihan? what?...
 Iya ,perselisihan tentang apakah tomat itu masuk kategori buah atau sayuran,terserah pilih yang mana yang menurut anda betul ya,yang penting muka kita blink blink aja deh,eaaa....
Tomat itu salah satu penghuni tetap di kulkas,jadi ia paling mudah di temukan dan yang paling sering di gunakan khasiat Likopennya.Likopen ini kaya akan vitamin A yang biasa di gunakan untuk mengobati kerusakan pada jaringan kulit.berefek juga untuk mengecilkan pori pori kulit.
Belahlah tomat jadi dua bagian,pasang headset lalu berbaringlah di sofa.Nikmati musik yang anda mainkan sambil berbaring dan aktifkan ke dua tangan untuk menyapu bersih wajah dengan sensasi setrikan tomat di wajah.Lalu diamkan sekitar 15 atau 20 menit sebelum di bersihkan menggunakan air hangat.
noted:yang ini tidak harus sambil tiduran koq karena bisa di lakukan sambil buka buka instagram atau sosmed kamu yang lain,dan bisa sekalian update status,  "facial murmer dulu ah...."
Mudahkan....ayo cobalah dan buktikan sendiri


kiki emotikon

Wednesday, 20 January 2016

Benar Tah,Senggol Bacok??.. (**ungkapan lebay seupritnya rasa sabar)


Baru aja minggu kemarin terkaget kaget baca plus liat berita seorang siswi SD yg akhirnya menghembuskan nafas terakhir gegara efek di keroyok siswa siswa teman sekolahnya.
Bayangin tuh, anak cewek di keroyok sama anak anak cowok.ini gimana ya?bukannya anak cowok itu di ajarkan dari piek unyuk unyuk  untuk menyanyangi dan melindungi yang lemah. Baik itu cowok atau cewek,karena anak cowok itu kan bakal calon pemimpin,pengayom kelak,duhh pecah pala....
photo koleksi pribadi

Eh tadi pas di mobil mau belanja,iseng ngelirik koran kota yang baru di beli suami,blepblep....klakep makcep... baca berita bocah bocah (siswa siswi) sebuah SDN menyerang SDN lain dengan membawa gergaji,palu,....lah kok kayak peralatan nukang sih?
Penyebabnya awalnya karena